Kamis, 20 Maret 2014

Behind The Scene "Paket Promo 3 & 4 Novel Rp100 Ribu Gratis Ongkos Kirim"

Begini, ya. Paket promo buku Gramedia, dll Rp100 ribu gratis ongkir itu memang sama sekali BUKAN saya yang jualannya. Tapi saya yang bantu promosikan jualan teman saya itu karena dia gak punya link ke cust yang suka baca/penulis. Lantas apa saya dapet fee/royalti dari penjualan paket tersebut? Ya sama sekali nggak lah. Penjualnya aja laba bersihnya kadang gak nyampe 10 ribu kok perpaket. Harga ngorder 3 atau 4 novel aja kisaran 60-68 ribu. Dan itu di 2 tempat. Saya juga sering bantu nemenin ngorder nyari bukunya di tempat yang lumayan jauh, kalo di sana gak ada ya terpaksa harus hubungin orang penerbitnya dan jadwal ketemu untuk order bukunya pun harus menyesuaikan sama waktu luang orang tersebut. Dan kadang harus nunggu ketersediaan stok bukunya juga.

Dari harga perpaket Rp100 ribu dan modal order bukunya 60-68 ribu, gak lantas kemudian laba/keuntungan penjualnya jadi 32-40 ribu. Jangan lupa kalo ini sifatnya juga GRATIS ongkos kirim ke seluruh Indo. Sistem ini pun saya yang ngusulin. Jadi selain capek ngorder ke 2 tempat, bungkusin paketnya, kesibukan belum selesai sampe di situ. Kita juga harus muterin Jogja buat nyari ekspedisi yang tarif ongkirnya termurah ke kota tujuan. Kalo lagi mujur, kadang di 1 paket itu ada yang ongkirnya masih di bawah 20-15 ribu. Tapi kalo lagi apes, banyak juga yang ongkir 1 paket (beratnya 1 kg) itu nyampe di atas 30 ribu, 50 ribu, dan malah ada juga yang 65 ribuan. Ya kalo udah gitu ceritanya mah cuma menang capek doank.

Di pre order Harfeey kemarin banyak yang order buku event dengan sekalian order paket promo itu, saya juga yang ngusulin. Dan karena kasian (plus tau banget berapa sih laba yang didapet penjualnya), khusus untuk paket-paket yang ada buku Harfeey-nya, saya nawarin ongkirnya dibagi 2 sama saya. Jadi yang ongkir paketnya di atas 20 ribu, sisanya saya yang nalangin. Tapi kalo di atas 50 ribu, saya bukan lagi nalangin sisanya, tapi setengah harga ongkirnya. Kalo udah gini, bukan cuma penjualnya yang apes karena cuma menang capek doang, tapi saya juga apes karena royalti penerbit dari penjualan bukunya malah dipake ongkir. Hahaha!

Kalo ditarik kesimpulan, dari 1 paket yang harganya Rp100 ribu dapet 3 atau 4 buku dan gartis ongkir itu, paling dapet laba kotor (belum dikurangi modal waktu + capek ngorder, bungkusin paket, nyari ekspedisi pengiriman, bensin motor, pembungkus + lakban, dll) paling gede cuma 20 ribuan, dan paling kecilnya ya gak dapet sama sekali (malah nombokin, makanya saya kasih solusi patungan ongkir karena kasian juga). Jadi kalo ada yang berniat order lebih dari 1 paket dan malah minta diskon di atas diskon, saya cuma bisa narik napas terus tepuk nyamuk! Dikiranya mungkin laba jualan buku paketan gratis ongkir gini tuh banyak kali, ya. Hoho. Belum lagi kalo ada yang request minta dikirimnya pake JNE biar cepet. Astaga. XD Silakan masuk ke web JNE dan cek seberapa "gaharnya" mereka ngasih tarif ongkir. Itu adalah ekspedisi yang paling saya hindari.

Pagi tadi ada yang kirim sms, kapok beli paket promo karena pengirimannya gak ontime. Ya saya cuma bisa mikir, terserah, wong itu juga bukan jualan saya. Kalo mau dijelasin sih ya kayak gini ini keadaannya. Mayoritas buku yang di dalamnya ada paket promo sebagian besarnya juga ada yang dikirim bareng buku-buku Harfeey yang lain di hari Rabu-Jumat. Tapi sekitar 2-3 paket memang ada yang baru dikirim Senin karena ada yang nunggu stok buku di agennya yang lagi kosong, dan ada juga yang belum nemu ekspedisi murah karena paketnya di atas 2 kg. Dihitung 3 kg biar bisa dikirim pake pos biasa (bukan kilat khusus) pun gak bisa karena beratnya masih di bawah 2,5 kg. Sementara kalo pake kilat khusus, ongkirnya hampir 120 ribu. Stress, itu mah nyari buntung. Makanya saya bantu ngakalin juga dengan nambah2 lapisan paket buat nambah beban berat biar bisa pake pos biasa. Dan setelah bisa pake paket biasa pun, ongkirnya hampir 60 ribu. Hahaha, ujung-ujungnya patungan deh. T_T

Apa setelah kejadian gini paket promonya jadi berakhir? Ya tentu aja nggak, tapi harus sabar karena ngirimnya pun harus ngubek-ngubek dulu ekspedisi yang ongkirnya bersahabat. Cuma mungkin ke depannya saya mau saranin lagi ke penjualnya kalo untuk beberapa daerah yang ongkirnya nyekik dan gak bisa diakalin (pokoknya yang 1 paket di atas 30 ribu) mending gak usah aja, karena bukannya untung malah buntung. Kalo gak nombok ya paling menang capek doang. XD

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Respon koment akan disesuaikan dengan isi koment. No SPAM, RASIS, HUJATAN, dsj. Merci.... :)

© Born to be "Antagonis" 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis