Kamis, 26 Desember 2013

Cara Mudah Menghilangkan Lingsa/Lisa/Telur Kutu Rambut

Saya gak tau apa nama dalam bahasa Indonesia yang baik dan benarnya untuk kata ganti penyebutan "Telur Kutu Rambut", tapi kalo di daerah saya akrabnya disapa (?) lingsa, ada juga yang nyebut lisa. Intinya mah sama aja lah, di postingan sekarang saya mau berbagi resep alias tutorial mudah tentang gimana caranya melenyapkan si lisa. *Saya gak kasih gambar kutu-kutunya, ya. Merinding*

Kalo buat membasmi kutu kayaknya masyarakat awwam udah banyak yang tau, tinggal pake peditox setengah botol aja kelar urusan. *Walau beberapa kesaksian bilang gak mempan. Waduh! ini kutunya pasti udah kelas jenderal* Ada yang bilang juga pake autan atau kapur ajaib, tapi menurut saya mah kalo yang kutuan mending amannya pake obat yang jelas-jelas buat kutu rambut aja, ya kayak peditox itu. Kalo obat laen kan takutnya gak aman buat rambut atau kulit kepalanya. Nah, berhubung cara basmi kutunya udah mayan banyak yang tau, jadi saya fokuskan buat bahas tutorial mengenyahkan lisa-nya aja.

Lisa/lingsa/telur kutu rambut umumnya jumlahnya itu berkali lipat lebih banyak dibanding dari kutunya sendiri. Dan kabar buruknya, meski rambutmu sudah terbebaskan dari kutu berkat pertolongan peditox dan kawan sejenisnya, tapi hal itu gak lantas membuat si lisa turut serta untuk angkat kaki. Telur ini emang sifatnya nempel erat di batang rambut. Mungkin kalo macam ketombe itu gampang ya tinggal gosok-gosok aja pake sisir juga beterbangan sendiri *xixi*, tapi yang ini mah susah. Walaupun udah gak ada isinya atau istilah di daerah saya mah gabug namanya, bangkainya tetep rekat di tiap helai rambut. Tapi jangan khawatir, karena saya tau gimana cara mudah membasminya! *Senyum nonsimetris*

Beberapa bulan lalu, saya lupa tepatnya kapan, pas saya lagi baca-baca artikel, secara gak sengaja saya nyasar ke postingan penjual obat-obatan herbal. Pas liat-liat postingan di blognya, saya nemu cara menghilangkan telur kutu rambut ini. Dan ternyata caranya super gampang, cepat, praktis, nan ekonomis! Alat dan bahannya hanyalah cuka dan sisir bergigi rapat atau di daerah saya mah disebutnya serit.

Pertama-tama, basahi seluruh batang rambut hingga kepala dengan menggunakan cuka. Setelahnya, tutup rambut menggunakan kain atau shower cap biar cukanya bener-bener meresap. 15-30 menit kemudian, buka penutup kepala tersebut dan langsung sisir rambut menggunakan serit/sisir bergigi rapat. Voila! telur kutu rambut/lisa pun akan berguguran! Coba aja deh, konon sih gitu. :v Abis itunya jangan lupa keramas yang bersih, ya! Buat yang telur kutunya banyak banget, mungkin juga perlu pengulangan beberapa kali biar bersih sempurna.

Sekian dan semoga bermanfaat! :D

34 Tanggapan:

  1. Pernah coba.. tapi gak kuat dengan bau cuka yang sangat tajam sampai menusuk hidung dan mata. Bahkan kulit leher anak saya menjadi memerah. Gmn cara nya spya aman mba? Terima kasih :)

    BalasHapus
  2. Pernah coba.. tapi gak kuat dengan bau cuka yang sangat tajam sampai menusuk hidung dan mata. Bahkan kulit leher anak saya menjadi memerah. Gmn cara nya spya aman mba? Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa disiasati dengan pas ngolesinnya si anak jangan dalam posisi duduk, tapi berbaring (kayak kalo lagi dikeramasin di salon gitu). Setelah cuka merata, segera tutup pake kain kerudung dengan kuat. Lakukan kurang lebih seminggu sampe benar-benar bersih. Semoga membantu.

      Hapus
    2. kalau sampai merah, hati-hati itu karena iritasi dg tingkat keasaman cukanya, apakah ibu pakai cuka dapur, sebaiknya diganti saja dg cuka apel yg dicampur dg air dan minyak zaitun.

      Hapus
  3. Kaka tp tu lgsg ampuh hilang smua n gk akn da lg gk kk?

    BalasHapus
  4. Kaka tp tu lgsg ampuh hilang smua n gk akn da lg gk kk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Asal rajin shampoan minimal 2 hari sekali + jaga jarak sama orang yang rambutnya kutuan, soalnya kutu nular gak cuma pas rambut saling kontak langsung, tapi juga bisa terbang.

      Hapus
  5. Mbk. Klu pake bawang merah ampuh juga nggk?

    BalasHapus
  6. Mbk. Klu pake bawang merah ampuh juga nggk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau. Saya malah baru denger soal bawang merah ini.

      Hapus
    2. Sya baca info dri google jga

      Hapus
  7. benern kah? tempo hari aku ada proyek kkn, eh.. ni tiba2 kepala ada kutunya.. hiks.. uda ada yang coba blum sis?? rontok ndak ya bwt rambut??

    BalasHapus
  8. kalo boleh tau itu cuka nya cuka apa ya ?

    BalasHapus
  9. emmm..cukanya ,cuka dapur ?atau cuka apel?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap cuka apel yg tidak merusak rambut malah jd memperindah, tp dicampur dg bahan lain untuk ramuannya ya.

      Hapus
  10. Itu pake cuka dapur? Atau cuka apa?

    BalasHapus
  11. Basahi rambutnya langsung pake cuka atau cukanya dicampur air mbak.tka

    BalasHapus
    Balasan
    1. rambut basah diberi campuran 250ml air bersih+50/85ml cuka apel+1sm minyak zaitun. klo ga da minyak zaitu ya gpp deh minyak sayur bersih.

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. formula herbal untuk jenis shampoo dan spray herbal pemberantas kutu rambut yang aman, efektif dan praktis tinggal semprot, aman untuk balita dan Orang dewasa, dan beraroma wangi dan segar, info 08129552734, 7EDAD999, http://www.shampoomadu.web.id/

    BalasHapus
  14. Ada efek sampingnya gak buat rambutnya ? Jadi kasar atau rusak gt ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pakai cuka apel, bagus loh rambutnya.

      Hapus
  15. cuka nya cuka dapur biasa gitu

    BalasHapus
  16. duh aku udah nyoba. gak tahan banget sama bau cukanya! rasanya udah kyk mau pingsan pas dikamar mandi-_- trs aku kan udah 3 kali pake cuka. emang sih mau telur kutu nya jatuh pas disisir. tapi rambut saya jadi tambah rontok setelah pakai cuka T.T

    BalasHapus
  17. Pakai cuka apel, yg bisa dibeli di apotek/swalayan ttt dg harga sktr Rp40-50rb. caranya, 250ml air bersih+50/85ml cuka apel + 1sm minyak(zaitun klo ga punya minyak sayur), kocok rata dan berikan pada rambut basah sambil dipijat/diremas-remas, diamkan sktr 1jam, lalu sisir dg sisir kutu sampai merasa kutu habis lalu cuci rambut dg sampo biasa/yg mengandung belerang.
    Sebenarnya, campuran di atas baik untuk memperindah rambut, namun minyak diganti dg minyak zaitu/argan/grapeseed,dipakai 2x/mgu, manfaat cuka apel untuk rambut bisa dicari di google. Semoga bermanfaat.tks.

    BalasHapus
  18. Kak kalo pake cuka apel sama minyak zaitun rambutnya jadi wangi apa enggak???

    BalasHapus
  19. Kalo ga pake minyak dapet ga

    BalasHapus
  20. Mba mau nnya..
    Cuka apel beli.a di mana ya??
    Terus di pake.a itu dlm kondisi rambut kering atau basah??

    BalasHapus
  21. Mba mau nnya..
    Cuka apel beli.a di mana ya??
    Terus di pake.a itu dlm kondisi rambut kering atau basah??

    BalasHapus

Respon koment akan disesuaikan dengan isi koment. No SPAM, RASIS, HUJATAN, dsj. Merci.... :)

© Born to be "Antagonis" 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis