Selasa, 11 Maret 2014

SIAPA YANG BERMINAT KULIAH DENGAN HARGA MURAH? Mari saya ajari! (Wkwkwk, MLM banget)

Ehm, saya serius, saya mau kasih tau (tentunya buat yang mau tau) gimana caranya bisa kuliah dengan harga murah yang biayanya berasal dari kantong sendiri (dipertegas, kantong sendiri, ya. Bukan kantong bapak, ibu, atau mbahmu).
I could, I would
1. Cari perguruan tinggi di luar kota, jangan di daerahmu sendiri. Kenapa? karena ini untuk membentuk jiwa perantau yang umumnya lebih mandiri. Bisa merasakan bagaimana sulitnya hidup di perantauan yang hanya bisa menjadikan dirimu sendiri sebagai orang yang bisa diandalkan, akan menimbulkan motivasi "the power of kepepet". Percaya sama saya, selepas dari orangtua (jika kamu benar-benar anak yang tau bagaimana caranya berterimakasih) kamu akan lebih bisa "mikir".

2. Saya kasih saran buat merantau ke Jogja dan kuliah di UIN Suka (ya ampun, promo banget). Haha, saya gak promoin kampusnya, tapi saya kasih liat keekonomisannya. Biaya hidup di Jogja relatif murah kalo dibandingin sama kota besar lainnya. Termasuk soal kost-kostan, yang 800 ribu pertahun juga ada kalo kamu pinter nyarinya (atau bisa tempati 1 kamar 2 orang). Waktu saya daftar di tahun 2011, uang masuk di UIN Suka cuma 2,3 juta dan itu udah termasuk biaya SPP semester pertama Rp600 ribu. Biaya SPP seperti yang sudah diinfokan sebelumnya, 600 ribu/semesteer (6 bulan). Itu bersih, gak ada biaya lain karena KRS-nya gratis. Jangan beranggapan karena kampus UIN kurang prestise trus ngerasa takut susah buat nyari kerja. Hello, Boys and Girls! ini bukan lagi zaman Firaun jualan popok yang mana fresh graduate harus jadi kuli di negeri sendiri. Punya cita-cita tuh yang tinggi dong, jadi BOSS! Hehehe. Lagian juga, ya, yang saya tau, sekarang ini perusahaan-perusahaan mulai lebih ngelirik orang-orang kreatif dan inovatif ketimbang orang "pinter" (yang rajin minum tolak angin, skip) yang lulus dari perguruan tinggi prestise dengan predikat summa summa summa cumlaude tapi otaknya gak "cerdas" (pinter sama cerdas itu beda, loh).

3. Kalo kamu lulusan MA (Madrasah Aliyah), saya saranin buat daftar lewat jalur SPMB-PTAIN langsung di hari pertama (lewat online). Karena kalo kamu lolos, kamu bisa dapet kesempatan jadi 1 dari 1.000 mahasiswa yang dikasih beasiswa tunai masing-masing Rp5 juta dari Depag. Kan lumayan banget tuh bisa dipake buat modal usaha.

4. Gak usah pusing dan gengsi buat mulai usaha. Di kota pelajar ini apa sih yang gak bisa jadi duit? Hihi. Kalo ngerasa pinter (atau minimal bisa) masak, kamu bisa jualan makanan di kost dan kampus. Bisa juga bisnis jualan kaos hasil design sendiri, dapet ngulak, dlsb. Asal kamu punya kemauan untuk maju (sukses), minimal 3 juta/perbulan bisa jadi untung bersihmu. Selain buat menuhin kebutuhan pribadi, kamu juga bisa dikit-dikit ngirim uang buat ortu di kampung.

5. Walau gak salah, tapi saya gak saranin kamu buat nyari beasiswa, karena kalo saya sendiri sih gak minat berusaha keras buat dapet nilai tinggi, saya lebih suka berusaha keras buat dapet duit tinggi. Hahaha. Jangan juga ngambil side job jadi penjaga toko, aduh... lama kayanya! :P Sekali lagi, kalo menurut saya ya tetep lebih enak itu jadi mahasiswa entrepreneur ketimbang ngandelin beasiswa yang cuma stag di kata "lumayan". Temen2 lain ada yang malah penghasilannya ratusan juta/bulan cuma berawal dari jualan kecil-kecilan. Matrealistis = matre tapi realistis. Gunakan kecerdasanmu semaksimal mungkin. Inget, kamu lebih istimewa dari yang kamu kira.

Apa lagi, ya? sementara itu dulu. Saya tunggu di Jogja!
Salam,
Zamie Lily (bukan abang-abang, mas-mas, om-om, ataupun bapak-bapak, saya cewek tulen :v) 

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Respon koment akan disesuaikan dengan isi koment. No SPAM, RASIS, HUJATAN, dsj. Merci.... :)

© Born to be "Antagonis" 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis