Senin, 19 Mei 2014

Beli Motor, Mau Cash Malah Disuruh Kredit

Sebenernya saya belum begitu berminat buat beli motor, tapi ibu saya terus-terusan desak saya buat punya si kuda besi. Ya katanya sih biar keliatan ada wujudnya kerja keras saya selama ini. Entahlah, namanya juga ibu-ibu. Lagian kebetulan juga saya punya tabungan yang "bingung mau diapain". Hahaha, sok kayak banget kesannya. :D Lagian laginya, awal puasa besok saya mulai KKN dilanjut magang setelahnya, dan kayaknya bakalan butuh kendaraan pribadi. Jadilah pada awal April kemaren itu saya mulai proses beli motor.

Soal dealer yang lebih ramah sama calon konsumen yang bawa duit 500 ribu ketimbang yang bawa 15 juta sebenernya saya udah sering denger, salah satunya dari ibu saya sendiri yang berdasar pengalaman tetangga. Makdartu awalnya ibu saya juga ngotot nyaranin saya buat kredit aja, biar lebih "dihormati" sama dealernya. Aneh emang ya, kayaknya cuma diperhutangan jual beli beginian doang orang yang ngutang yang justru lebih di-service. :D Tapi saya coba kasih pengertian ke ibu saya soal perbandingan harga antara beli cash dan kredit, kredit keliatannya "meringankan" padahal mah bedanya sama cash bisa berkali lipat. Lebih-lebih saya typikal orang yang paling males berhubungan sama hutang-piutang, lebih-lebih lagi saya juga punya duit, ngapain pula disuruh punya beban hutang. Malu lah sama ilalang yang bergoyang.

Dan jreng-jreng! akhirnya kemaren itu saya ngalamin sendiri keanehan service dari dealer ini. Huh-hah. jadi ceritanya, saya DP buat beli motor Honda Scoopy FI Stylish warna coklat-item pas awal April, sekitar tanggal 5, lewat perantara kakak saya dan suaminya karena saya lagi kuliah sambil sambilan di Jogja. Entah kenapa itu orang dua malah milih dealernya yang jauh dari rumah, di daerah Majalengka kota deket Toserba Surya. Padahal sebelumnya adek saya udah survey ke dealer yang masih di kecamatan yang sama itu motor ready stok, cuma gak ada warna yang saya mau aja dan warna itu bisa ready dalam 2 minggu karena mereka bilang kebetulan itu warnanya gampang didapat.

Singkat cerita, pihak dealer menjanjikan kalo motor bisa ready dalam jangka waktu 2 minggu. Saya tunggu-tunggu karena rencananya saya bakalan langsung mudik kalo motor udah siap kirim, sekalian diadain acara syukurannya gitu. 2 minggu masih gak ada kabar, akhirnya suruh nunggu seminggu lagi pas ditanyain. 3 minggu gak ada kabar dan disuruh nunggu seminggu lagi (total sebulan). Di sini katanya kakak saya sering ditawarin buat beli secara kredit aja, nawarinnya agak maksa gitu. Saya tegas bilang gak mau lah, orang mampu kok suruh ngutang. #Pret :v Singkat cerita lagi, sampe akhirnya tanggal 16 kemaren saya pulang kampung dan itu berarti DP saya buat beli motor itu udah ngindent selama 1,5 bulan. Saya pulang lantaran gak ada kejelasan kapan motornya ready stok. Karena semula yang saya dan ortu saya kira motor gak ready cuma yang warna saya mau aja, akhirnya saya pulang buat pilih warna lain apa pun yang ready stok asalkan merk itu.

Dan jreng-jreng lagi! ternyata selama ini bukan gak ada warna yang saya mau, tapi emang gak ada motor merk dan seri itu! kemaren kakak saya dan suaminya sih bilang mereka pernah dikasih liat pilihan warna lainnya, ya dasar emang orangnya (oke, sorry agak kasar tapi emang ini fakta) kurang cerdas dan berpengetahuan, masa bilangnya warna-warna lainnya bagus-bagus dari seri motor yang saya mau itu. Ada kuning, pink, biru, blablabla. Lha, dikira saya boduoh??? Scoopy FI Stylish kan cuma ada 4 pilihan warna dan yang pasti gak ada warna-warna ngejreng kayak gitu! >_<

Waktu tanggal 17 saya dateng ke dealer itu untuk pertama kalinya, bareng kakak saya, suaminya, anaknya, dan ojek (sepupu saya). Pertama dateng kesan saya udah gak enak banget nih sama sales yang nerima saya. Lha wong lagi ngomong sama rombongan saya kok tiba-tiba aja buang muka dan ngelayanin customer lain yang baru dateng dan mau KREDIT! Ngomong ke saya juganya dia tuh kayak males-malesan banget, gak ada gairah, malah saya disuruh liat-liat motor lain di gudangnya. Saya tanya itu Scoopy FI apa bukan, katanya bukan! Lha, buat apaan! Saya rela nunggu lama itu kan demi Scoopy-nya, kalo ujung-ujungnya merk lain sih ngapain ngindent selama itu! Belum lagi tuh orang maksa-maksa saya buat ganti beli ke merk Beat aja, gemblung! Mentang-mentang beat udah gak laku dan stoknya banyak jadi yang cash disodorin barang sisa.

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Respon koment akan disesuaikan dengan isi koment. No SPAM, RASIS, HUJATAN, dsj. Merci.... :)

© Born to be "Antagonis" 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis