Sabtu, 03 Mei 2014

Pake Tanda Baca, Biar Gak Gagal Paham

Tadi siang setelah selesai kuliah, saya lagi kumpul sama temen-temen bahas tugas kelompok. Tiba-tiba ada sms masuk dari nomor gak dikenal, isinya simple tapi bikin heboh.

"Ada lowongan pekerjaan did*** (salah satu nama penerbit major di Jogja)"
Yang bikin bingung, ini orang ngasih tau apa nanya? Bingung karena gak ada tanda baca tanya atau titik di belakangnya. Sampe saya tanya-tanya ke temen-temen, apa mungkin ini orang dalem penerbitan itu lagi nawarin kerjaan ke saya. Tapi masa gaya bahasanya kayak gitu banget. Penasaran, akhirnya saya tanya (karena setelahnya saya simpulkan kalo mungkin orang ini lagi ngasih tau info).
"Di bagian apa?" tanya saya.
"Apapunlah" jawabnya, seperti biasa tanpa ada tanda baca setelahnya.
Udahlah saya pikir, cuma buang-buang waktu aja ngeladenin yang gak jelas gini. Saya delete sms-nya dan lanjut diskusiin tugas sama temen-temen. Gak lama, nomor itu sms lagi.
"Editing bisa. Apapun bisa" lagi-lagi tanpa tanda baca dan masih gak jelas apa maksudnya.

Sms itu makin bikin bingung, ini orang lagi nawarin info lowongan kerja apa lagi nyari kerja? Kalo lagi nawarin kerjaan jadi editing, dia tau nomor saya dan tau sedikit banyak saya paham editing itu dari mana/siapa? Kenapa juga gak pake "kulo nuwun/permisi". Apalagi kalo mau ngelamar kerjaan, masa attitude-nya gitu banget. Dan, hei... mau jadi editor? EYD & tanda baca di sms-nya aja kayak gitu banget, siapa juga yang percaya kalo dia paham editing naskah (makjleb, yah. Tapi ini realistis). -_-

Akhirnya saya abaikan aja sms-sms dari nomor itu. Gak jelas dan cuma buang waktu saya yang lagi garap tugas kelompok. Tapi ternyata, gak lama kemudian nomor itu sms lagi.
"Gimana ada ngga?" akhirnya ada tanda tanyanya, yang itu menandakan kalo dia lagi nanyain lowongan kerjaan. Dan blablabla, dia jelasin kalo dia suka perbukuan dan mau kerja di penerbitan. Haduh, salah sambung! Pas saya bilang salah sambung karena emang saya gak ada sangkut pautnya dengan penerbit yang dimaksud, responnya cuma "Ya" errr~. -_-

Jujur aja, ya. Ada banyak banget juga yang kirim sms atau inbox dan menawarkan diri buat jadi editor di Harfeey. Tapi selain karena Harfeey emang gak (atau belum) memerlukan tenaga tambahan, saya liat juga dari cara ketikan orang tersebut. Dan jujur aja, kesemuanya gak ada yang meyakinkan kalo dia paham dunia editing naskah; tanda baca, EYD, dll.

Saran saya, kalo kamu mau ngelamar kerjaan. Tunjukkan kalo kamu memang berkemampuan di bidang tersebut. Misal mau ngelamar jadi editor, ya tunjukkan dengan cara ketikan yang baik dan benar. Mulai dari tanda baca, EYD, dan jangan pake ketikan alay. Contoh: apapun, yang benernya kan apa pun. Dipenerbit, yang benernya di penerbit. Imbuhan "nya" juga jangan diganti pake "x" dan sejenisnya. Ingat, di sini posisi kamu lagi meyakinkan orang untuk make jasamu karena kamu berkemampuan di bidang itu (dan jangan lupakan "permisi"). Sekian.

Kurang tanda baca bisa jadi salah persepsi. Banyak juga yang masih gak paham cara penggunaan tanda baca. Pernyataan malah pake tanda tanya, jadinya malah pertanyaan tapi dengan kalimat rancu, gak jelas. Misal ada orang yang nge-post cerpen, terus muncul koment "Bagus...?" sering tuh nemu yang begitu. Mungkin maksud si yang ngasih koment sih mau bilang kalo cerpennya bagus, tapi berhubung di belakangnya malah pake tanda tanya, buat orang yang sensitif tanda baca (kayak saya), malah ngebacanya ya pake intonasi ngejek, "Hah, masa yang begini doang dibilang/ngerasa bagus?" Gitu lah, banyak distorsi kalo abai sama tanda baca pas komunikasi lewat dunia tulisan, karena beda dengan lisan yang kita bisa dengar langsung intonasinya dan lihat langsung mimik wajahnya.

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Respon koment akan disesuaikan dengan isi koment. No SPAM, RASIS, HUJATAN, dsj. Merci.... :)

© Born to be "Antagonis" 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis