Minggu, 15 Maret 2015

Dear Oknum Customer, Susah Banget Ya Bilang "Tolong" & "Terima Kasih"?

Sejak awal Maret ini saya nahan2 emosi biar gak meledak sama satu oknum cust ini. Awal cerita, dulu dia komplain (tentunya sambil marah2) karena kata pertama di tiap sub-judul buku yang diordernya ternyata missing font. Saya minta dia buat santai dan biasa aja, kalo santai juga pasti direspon dengan baik. Singkat cerita, dia minta paketnya diganti dengan yang baru. Saya udah ilfeel jadinya sama ini orang, jadi saya males berlarut2. Saya cetak ulang bukunya dan baru selesai Februari menjelang akhir.

Setelah buku selesai cetak, saya kirim 6 buku baru. Karena hari udah maghrib dan rumah kontrakan saya jauh dari pos, jadi saya kirimkan paketnya via wahana. Kalo dituduh biar ongkir murah, bisa dicek berapa ongkir ke kecamatan Subang - Kuningan - Jabar pake pos & wahana. Perbedaannya jauh lebih mahal wahana, apalagi untuk ukuran saya yang 2 kali kasih ongkir gratis. Saya sengaja ngebut kirim hari itu juga, pikir saya biar itu cust gak cerewet lagi dan tenang lah hidup saya gak dikejar2nya lagi.

Awal Maret orang itu ngomel2 paketnya belum sampe. Makin naik pitam waktu saya bilang dikirimnya via wahana, dia bilang kenapa gak lewat pos blablabla kalo lewat pos 2 hari juga nyampe protprotprot. Ngok! Emangnya rumah dia itu di perkotaan?! Pake pos ke luar provinsi dan masuk2 daerah gitu rata-rata 4 harian. Saya bilang TUNGGU saja dulu, paket PASTI sampai selama ada nomor resi di tangan. Saya juga ungkit soal ongkirnya yang lebih mahal, hanya agar dia tau kalo saya pake wahana bukan gara2 mau nyari ongkir yang murah. Tentu bagian biar urusan sama dia cepet kelar-nya mah saya skip karena masih berusaha keras menghargai orang walaupun sama sekali dia ga menghargai saya.

Semingguan lebih akhir2 ini dia kembali mengirimi saya SMS komplain soal paket yang gak datang2, info keberadaan paket di web yang terhenti sampe Cirebon sejak tanggal 28 Feb, dan nomor kurir yang gak bisa dihubungi. Dia minta bantuan saya dengan TANPA mengucapkan atau mengesankan kata TOLONG (bisa disebut merintah) untuk ngelacak keberadaan paket, bagaimanapun caranya. Awalnya saya diamkan, apalagi saya punya alasan kalo dia gak minta tolong jadi saya kira dia cuma lagi curcol. Tapi yang ada dia malah terus2an SMS saya, meyudutkan kenapa saya pake wahana n gak pake pos aja, xyz, pqr. Biar mingkem, saya bilang nanti akan tanyakan ke agennya di sini.

Malam itu juga saya kirim email komplain panjang lebar ke cs wahana Jateng. Saya copy-paste juga isi email itu dan saya kirimkan via sms ke nomor cs dan kurirnya. Sampe pagi gak ada respon. Terus adik saya tanya ke agen wahana tempat barang dikirim, mereka bilang akan ditanyakan ke pusat. Tapi setelahnya gak ada kabar apa2. Akhirnya mau gak mau ke sana lagi buat nanya gimana perkembangannya, hasilnya tetep masih abu2 diminta buat nunggu. Saya sih bisa sabar nunggu, tapi gak bisa sabar buat terus digerecokin oknum cust itu. Saya lihat email, ternyata ada respon. Tapi asem! responnya sama sekali gak membantu, si cs cuma ngulang info yang sejak awal sudah saya baca di keterangan web waktu cek resi. Saya balas dengan komplain panjang lebar lagi, saya minta cs buat turun tangan langsung tanya ke kurir buat nelusurin keberadaan paket itu. Saya juga bilang kalo si oknum cust itu minta ganti rugi ke saya untuk kirim paket baru lagi, jelas saya gak mau karena kesalahan letaknya ada di kelalaian pihak ekspedisi.

Sorenya, cust itu marah2 lagi di SMS. Finally, dia minta buku yang dia balikin untuk dikirim balik LAGI ke alamat dia. Pake embel2 nyebut buku cacat segala. Saya yang waktu itu gak tau menau soal buku yang katanya udah dibalikin, jelas heran karena saya belum nerima paketnya sama sekali. Orag itu bilang bukunya sudah sampe tempat sejak akhir Januari. Yaelah, gimana saya bisa tau. Waktu ngirim dia gak ngonfirmasi apalagi sms-in nomor resinya, padahal udah jelas2 alamatnya pake alamat kampus adik saya. Besok pagi2 banget tuh orang sms lagi, nanya paketnya udah diterima belum, ternyata yang dia return cuma 4 buku padahal saya kirim balik gantinya 6 buku. Ini orang sadar waktu gak sih, emangnya kampus itu punya moyangku yang bisa operasional suka2 hati. Saya bilang, ini masih pagi, belum juga dicek. Tambahan lagi buat skakmat dan bikin dia nyadar kalo saya yang paling dirugikan dari segi materil, saya bilang juga kalo buku yang saya kirim via wahana itu jumlahnya 6, karena saya kira itu orang ngereturn semua bukunya. Huh! 

Gak lama dia sms lagi, intinya bilang capek nungguin paket yang gak jelas itu, dan lagi2 bahas kenapa ga dikirim pake pos, terus ujug2 bilang 4 buku yang dia return minta dikirimin lagi ke alamatnya tapi harus pake pos. Apa banget kan ini orang! Saya masih suruh dia buat sabar nunggu, saya juga udah bantu follow up walaupun sebenernya saya bisa aja pake alasan kalo tugas saya sudah selesai sejak saya menginfokan nomor resi pertanda paket sudah dikirim (dan saya ingat betul waktu itu tidak ada sms balasan sekadar ucapan terima kasih atau apa pun dari dia), urusan paket yang telat nyampe atau nyasar atau apalah, ya mintalah tanggungjawab sama ekspedisinya.

Tanggal 13 pagi dia sms lagi, intinya udah males nunggu, udah nganggep aja itu musibah, apalagi kata pihak wahana yang dia hubungi, harusnya saya selaku pengirim paket n agen di sini yang tanggug jawab. CIH banget. Tapi ujungnya dia juga tetep nyuruh saya buat terus lacak keberadaan paket itu. Perlu gitu saya nyewa dukun? Kurang gimana lagi coba saya ngubungin pihak wahana, dikira saya gak ada kerjaan lain apa. Terus dia bilang mau order lagi aja sebanyak 3 buku tapi harus dikirim pake pos. Sudah saya totalkan yang harus ditransfer, dan seperti biasa tidak ada ucapa terima kasih. 

Tanggal 14 saya tunggu gak ada kabar berita konfirmasian transfer kalo orang ini bener2 niat buat order bukunya lagi. Hampir aja itu buku orderannya mau saya cetakin duluan meski dia belum transfer, maksudnya biar cepet selesai lah urusan saya sama ini orang. Sumpah udah males banget dibikin susah sama orang yang gak bisa ngehargain bantuan orang lain. DAN TERNYATA!!! Eeeh, sarap. Barusan iseng saya cek email apa ada balasan lagi dari wahana, ternyata nol. Akhirnya iseng lagi saya cek resi paketnya... HAH!!! Status SUDAH DITERIMA sama orang itu. Kampret sekandang-kandangnya. SUSAH banget apa buat sms berbagi KABAR BAHAGIA kalo paket yang isinya kelebihan 2 buku itu udah diterima, biar hati saya juga plong, biar saya gak usah nyetakin orderannya dia. Dasar manusia apaan, waktu susah aja terus2an neror sms. Giliran udah dibantu yang amat sangat bikin capek tenaga, waktu, pikiran, hati, pulsa, bensin, dan saat paket udah di tangan GAK ADA tau dirinya buat sekadar ngasih tau apalagi bilang terima kasih.

AMIT-AMIT, YA ALLAH!!! Gak mau lagi urusan sama orang itu. Minta tolong tapi gak pake kata tolong. Setelah ditolong pun gak bilang terima kasih! Ngerasa pembeli adalah raja, hah?! SALAH TEMPAT! Hus lah, jauh-jauh.

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Respon koment akan disesuaikan dengan isi koment. No SPAM, RASIS, HUJATAN, dsj. Merci.... :)

© Born to be "Antagonis" 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis