Selasa, 24 Desember 2013

Resensi Buku After School Horror; Ada "Mata-mata" di Sekolah

Bukune

After School Horror
Penulis: Nana R. Praptini
Ukuran: 13 x 19 cm
Tebal: viii + 164 hlm
Terbit: Mei 2013
Penerbit: Bukuné
ISBN: 602-220-102-0
Price: Rp37000
Rate: 2,5/5

Description


Hujan turun deras dan motorku sulit untuk di-starter. Aku bimbang, ingin bolos tapi rasanya harus tetap les. Akhirnya aku memutuskan untuk pergi. Dalam perjalanan, di tikungan yang gelap, sebuah mobil muncul dengan kecepatan tinggi.

Aku terlambat menyadari kedatangannya. Kubanting setang motor ke kiri untuk menghindari tabrakan. Tapi percuma…. Aku terjatuh dan kepalaku terbentur pembatas jalan dengan sangat keras. Darah segar mengalir dari kepalaku, tubuhku terasa lumpuh seketika. Sakit sekali rasanya. Sedikit demi sedikit rasa dingin menjalar ke seluruh tubuhku….
Prita tidak bisa melanjutkan membaca surat yang ditulis Lydia, muridnya. Bulu kuduknya bergidik. Bagaimana mungkin Lydia bisa hadir di kelas dan menulis surat itu, padahal dia sendiri sudah menghembuskan napas terakhir di perjalanan?
Kisah horor dan seram banyak terjadi di sekitar kita, tidak terkecuali ketika kita mencari ilmu—di bangunan kampus tua, sudut-sudut kelas sepi, atau toilet gelap sekolah yang selalu kamu hindari. After School Horror berisi delapan cerita nyata yang terjadi di lingkungan kampus dan sekolah. Membuktikan bahwa mereka juga ada di sekitar kita. Bersiaplah untuk jam pelajaran tambahanmu…, yang penuh teror….
***
Alhamdulillah, saya punya kesempatan buat baca buku ini bareng 8 buku judul jagoannya Bukune yang lain juga. :) *Gratisan* Nah, sekarang saya mau menjalankan tugas saya sebagai blogger terpilih yang harus meresensi 3 bukunya; dan yang pertama adalah buku ini. *Bismillah*

Membaca buku ini, saya jadi kian sadar kalo selalu ada "mata" lain yang merhatiin kita dari jarak jauh atau bahkan dekat, selain gebetan. *Aehhh* :v Kadang ekor mata emang gak bisa bohong, selalu ada kelebat bayang atau sekadar rasa dag-dig-dug waktu berada di titik-titik tempat ter-sesuatu di sekolah atau kampus; kayak di toilet atau koridor ujung yang sepi amirrr.

Satu kalimat yang amat sangat paling saya amini dalam buku ini, yang ada di bagian awal buku, adalah:
"Pernahkah kamu merasa ketika berada di suatu tempat, tiba-tiba perasaanmu mengatakan, aku pernah melihat tempat ini sebelumnya..., tapi entah kapan."
YA YA YA, TRUE! INI BENER BANGET! SAYA PERNAH! BAHKAN SERING! Lebay banget, tapi memang inilah saya rasakan.

Setiap kali merasakan perasaan itu, biasanya saya ceritakan sama temen/orang yang lagi di deket saya, "Kayaknya gue pernah ke tempat ini.", dan biasanya lagi temen/orang itu cuma cekikikan dan nganggep saya lagi ngigo. Karena emang tempat yang saya bilang pernah ke situ itu jelas-jelas baru pertama kali saya jejakin. Kadang juga saya lihat tempat itu di mimpi. Dan ini baru kejadian minggu-minggu kemaren, di mana saya ngeliat tempat yang sama persis kayak tempat di dalam mimpi saya waktu... SD. Ya, mimpi waktu masih pake seragam bendera, bertahun-tahun lalu. Dan tempat itu ternyata ada di deket kost saya di Jogja ini. :O

Kebetulan, sebelum baca buku ini, saya lebih dulu baca-baca koleksi horor Bukune yang lainnya dulu. Dan jujur, dari sekian judul yang udah saya baca, buku After School Horror inilah yang menurut saya justru "horror"-nya itu paling kurang greget. Sebelum saya baca cuap-cuap penulisnya di awal, saya udah ngerasa kalo buku yang merupakan kumpulan cerita ini kok agak-agak kurang masuk akal, maksud saya, kalo cerita di buku lain itu saya masih sering ngerasa "Oh, ya, ini gue banget." "Ini mungkin juga gue alami.", dsj. Tapi di buku ini kisahnya agak-agak berbau mustahil dan ketara banget fiksinya. Baru setelah saya baca prakata penulis, saya jadi tau kalo emang gak semua dari buku ini berdasar kisah nyata. Atau kalo menurut saya, barangkali ada kisah nyata tapi diberi improvisasi oleh si penulisnya.

Dari cover, udah bagus cuma kurang mendukung judulnya. Kalo untuk genrenya udah cukup mewakili horror, tapi gambar yang dipilihnya itu kurang klop sama judulnya. Gak ada "bau-bau" sekolah-nya sama sekali. Beda sama ilustrasinya yang udah top markotop, gitu juga buat layout isinya. Buat editing, kebetulan saya sedikit banyak cukup paham karena mayan juga pengalaman jadi editor di penerbitan indie saya--Harfeey--*promo*, terbilang bagus kalo dibanding judul-judul lainnya.

Overall, kalo saya boleh kasih rating, saya bakal nilai dengan angka 2,5 dari 5. (y) Buat yang penasaran baca dan mau jaga-jaga biar gak diliatin "mata-mata" di kampus/sekolah... buruan ke tobuk dan beli dan bayar dan baca bukunya! *Padahal gue aja dapetnya gratis, xaxaxa* 

Sekian resensi atau lebih tepatnya review dari saya, semoga bisa jadi masukan bagus buat teman-teman pecinta baca semua! :)

4 Tanggapan:

  1. Jadi pengen punya, Gratis....
    hehehee...
    Udah ikut kuisnya, semoga menang, amin...

    BalasHapus
  2. Waktu itu, aku taunya Virtual Book dari Gagas Debut aja, eh dari Bukune ada. Semoga lain kesempatan ada lagi, dan bisa ikutan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, iya. Aku dulu daftar yang Gagas tapi gak lolos soalnya penilaian dari "keramean lalu lintas blog". Dan blog-ku yang sepi gak masuk kriteria. xD Nah, pas yang Bukune ini aku dapet undangannya lewat email, iseng daftar ternyata kepilih. Hehe.

      Hapus

Respon koment akan disesuaikan dengan isi koment. No SPAM, RASIS, HUJATAN, dsj. Merci.... :)

© Born to be "Antagonis" 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis