Jumat, 19 Juli 2013

Tragedi Kepiting Goreng "Biasa" Seharga "Luar Biasa"

Hari Rabu kemarin, sehari sebelum Dudull pulang kampung, saya minta dianter beli baju Lebaran buat ortu, kakak, dan keponakan-keponkan saya. Yeah, insyaAllah Lebaran tahun ini semua sodara bisa mudik ke rumah Majalengka, otomatis semuanya kumpul dan mau gak mau saya harus rata kasih oleh-oleh ke semua ponakan yang jumlahnya bejibun; sembilan. :-|

Sore sekitar jam 4 lebih, Dudull jemput saya di kost pake motor matic-nya. Berhubung saya ada keperluan kirim email urgent dan modem juga lagi trouble, jadi saya minta dianter ke warnet dulu. Awalnya saya agak ragu buat nancepin flashdisk yang isinya data-data penting milik pribadi dan penerbitan di Harfeey itu, sebab tau sendiri lah gimana perangkat di warnet yang selalu dipake salome (satu lobang rame-rame -_-v). Tapi karena gak punya pilihan lain, saya pun nekad dan akhirnya berhasil ngirim email.

Keluar dari warnet udah jam 5-an, saya dan Dudull pun langsung tancap gas nyari buat buka puasa. Awalnya saya nyaranin nyari takjilan di pasar Ramadhan deket UGM yang infonya saya dapet dari sekilas nonton acara berita, tapi pas diliat-liat ke TKP malah gak ada. -_-" Karena toko baju yang jadi tujuan shopping saya musti ngelewatin Malioboro, Dudull malah ngajak saya makan di area sana, padahal dari kemaren saya udah wanti-wanti kalo jajanan, dlsb-nya, di area Malioboro itu harganya gak masuk akal--alias pake tarif turis. >_< Dudull tetep keukeuh karena kayaknya dia udah laper berat. Setelah muter-muter bentar akhirnya pilihan jatuh ke warung tenda yang jual nasi ayam. Kami pesen 2 porsi nasi, ayam goreng + lalap sambel, dan minuman es teh + jeruk hangat. Dan bener aja... kalo di warung tenda deket kampus/kost untuk makanan segitu gak lebih dari 25ribu, di sana malah hampir 50ribu! >_< Tapi untung Dudull yang bayarin, karena... jreng! (mulai masuk topik utama).'"

Pas udah pesen dan nunggu makanan itu dibuat, saya yang sebelumnya sempet liat ada wartend khusus seafood langsung tergoda. Karena walaupun pernah terkena alergi seafood parah pas SMP, saya tetep maniak makanan jenis itu. Terlebih dari dulu saya emang udah penasaran banget sama yang namanya daging kepiting, gimana sih rasanya. Saya dan Dudull masuk ke wartend itu dan mulai liat-liat daftar menu, agak was-was juga karena di sana gak menyertakan list harganya. T_T Saya tanya ke Dudull kira-kira mau beli berapa ekor, kata Dudull beli 2 atau 3 aja. Ngerasa kurang yakin dan takut kebanyakan, saya minta liat dulu seekornya itu segede apa. Dan ternyata lumayan gede (walau gak banget-banget), ngeliat capit dan kakinya yang banyak meronta-ronta, saya sempet pengen batalin beli dan ganti sama cumi-cumi karena ngeri campur jijik. Tapi Dudull bilang kepiting aja, ya udah lah saya manut.

Penjualnya nanya mau order berapa, saya dan Dudull sepakat buat nyoba satu aja dulu. Saya diskusi sama Dudull sambil duduk nunggu kepiting itu selesai digoreng. Tebak-tebakan kira-kira rasanya enak apa nggak, harganya berapa, dan lain sebagainya. dudull bilang, sih, pas di rumah dia pernah nyari kepiting sama temen-temennya dan dibakar sendiri, rasanya gak terlalu enak. Tapi kami ngerasa karena sekarang yang masak itu orang-orang yang--katakanlah--ahli di bidangnya, jadi kami yakin aja kalo hasilnya bakalan maknyus. Sementara buat tebakan harga (karena ini memang bener-bener pengalaman perdana kami beli kepiting), Dudull nakut-nakutin saya (karena emang secara tidak tertulis, selama ini antara saya dan Dudull kalo makan bareng itu yang bayarinnya siapa yang ngajak duluan :-v) kalo harganya 50ribuan. Saya agak kaget, masa sih kepiting begitu doang yang di sawah juga bejibun, harganya bisa sefantastis itu, makanya tebakan saya paling-paling harganya cuma 20ribuan (dengan polosnya -_-"). Saya ngasih duit 100ribuan satu-satunya yang ada di dompet ke Dudull dengan maksud buat dibayarin ke penjualnya, saya yakin banget tuh duit bisa ada kembalian sekian puluh buat jadi temen duit 15ribu yang tersisa di dompet.

Tapi... jreng jreng troang!
Si Om-om penjual ngasih bungkusan plastik isi kepiting goreng & sambal bumbu kacang sambil nyerahin struk pembelian. Pas Dudull berdiri buat ngambil bungkusan itu sambil nanya berapa harganya, Dudull langsung setel tampang kaget setengah mati. Dia kelabakan sambil ngeliat saya dengan sorot mata yang seolah bilang, "GIMANA NIH, DOLL?!!". Saya tetep nyoba buat stay cool, sambil ngerogoh sisa duit 15ribu yang ada di kantong buat bayarin kepiting goreng amit-amit itu yang bandrol harganya Rp112.000,-. Oke, saya ulangi... SERATUS DUA BELAS RIBU RUPIAH, SODARA-SODARA! T____T

Saya gak tau emang harga pasarannya segitu atau gimana, tapi kalo aja saya tau dari awal harganya setidakmasukakal itu, sebagaimanapun penasarannya saya sama rasa itu kepiting, saya yakin gak bakal sudi ngeluarin duit segitunya cuma buat makanan yang jauh lebih banyak mengandung kulit yang gak bisa dimakan ketimbang dagingnya. Untuk bisa makan dagingnya pun susahnya minta ampun, harus ngupasin kulitnya dulu dan ngorek-ngorek sampe dalemnya. Malahan bibir Dudull sampe berdarah gara-gara kesayat kulit kepiting yang awalnya dengan sangat sok tau dia bilang bisa dimakan. Gimana dengan rasanya? Jangan ditanya, bener-bener mengecewakan dan gak setimpal dengan harga yang sudah saya bayarkan! (emosi jiwa).

Ending-nya saya dan Dudull cuma bisa ketawa-ketawa sambil gegetun kalo bahasa Sundanya mah, sama kepiting goreng bercitarasa superbiasa tapi seharga luar biasa itu. Waktu kami selesai makan nasi ayamnya, kepiting gorengnya juga masih sisa banget karena ternyata baik saya dan Dudull merasa gak sreg sama rasanya yang selain biasa juga keasinan. Kami saling lempar "tanggungjawab" buat ngeksekusi makanan seharga fantastis itu hingga tandas. Saya maksa Dudull sambil ngedip-ngedip cantik, tapi dia tetep gak mau bawa pulang kepiting goreng yang baru dimakan sebagian kecil itu. saya juga ogah karena selain rasanya gak terbilang enak, juga karena tiap ngeliatnya saya ngerasa kesel kalo keinget sama duit ratusan ribu yang melayang percuma demi makanan yang gak banget ini. Seriusan, ini gak lebay. Tapi mau gak mau saya bawa juga ke kost-an.

Waktu mau ke toko bajunya, dengan terpaksa saya ngambil uang dulu di ATM dengan nominal yang lebih besar dari budget yang dicanangkan awal. Mau gimana lagi, duit di dompetnya udah dicaplok kepiting itu. -_-" Walau nyesel luar biasa, tapi saya tetep nyoba ngambil hikmahnya. Kapan lagi saya bisa ngerasain makanan mahal (meskipun gak enak :'(...) macam itu kalo gak lagi dalam kondisi "kecelakaan". Selesai beli baju, Dudull langsung nganterin saya pulang ke kost. Dan... terjadilah tragedi lanjutannya....

Selama belanja saya udah ngerasa kalo badan saya gatel-gatel, saya yakin kalo itu dampak alergi dari makan kepiting (walaupun gak sedahsyat alergi waktu SMP). Tapi pas di kamar saya tetep nekad makan lagi karena ngerasa mubadzir kalo makanan mahal itu dibiarin basi, walaupun kata Dudull saya suruh nyimpen kepiting goreng itu buat kenang-kenangan kalo saya pernah beli makanan biasa dengan harga luar biasa (dih, ngapain... bikin luka hati makin menganga aja -_-"). Lama kelamaan saya ngerasa kalo kepala jadi pusing dengan tengkuk yang juga tiba-tiba berat. Saya haqqulyaqin kalo sebelumnya saya baik-baik aja sebelum menandaskan dengan emosi ogah-ogahan kepiting goreng itu (sekadar untuk segera melenyapkannya dari muka bumi ini >_<). Makin tambah mumet lagi pas saya ngecek flasdisk di laptop saya, ternyata data-data di semua file microsoft words saya diculik virus bawaan warnet! Aaarrrggghhh... rasanya jauh lebih kesel dibanding keluar duit gegara kepiting goreng itu. 300 lebih file-file penting berisi naskah-naskah pribadi dan naskah-naskah siap cetak itu lenyap tak berbekas karena memang sistem proteksi anti virus di laptop saya yang baru ini belum di-setting maksimal T___T. Saya pernah ngalamin kejadian ini tahun lalu, tapi waktu itu file di flashdisk saya belum sebanyak sekarang, walau ujung-ujungnya bikin senewen juga karena gak bisa di-GET-DATA-BACK.

Well, mesti saya akui waktu itu yang panik cuma otak saya, sementara pas saya rasa-rasain ternyata hati saya masih adem ayem aja. Dan kalo merunut pada pengalaman, setiap terjadi musibah dan hati saya tetep tenang, itu tandanya musibah tersebut bakal bisa terselesaikan pada akhirnya. Dan ternyata bener aja, besok paginya setelah saya otak-atik dengan sok tau, akhirnya saya berhasil menyelamatkan file-file yang disandera virus-virus jelek itu. :'D Sakit kepala luar biasanya pun berhasil saya tumpas dengan bantuan obat paramex yang selalu stand by bersama obat-obat lain di apotik pribadi saya. Hm... sepertinya Tuhan lagi "nyapa" saya sesaat. :))

4 Tanggapan:

  1. haha... udah sering kek gitu saya mbak. bahkan saya pernah sok neraktir temen di wartend baso. dikira murah taunya mahal naudzubillah. hih! kavok ...

    BalasHapus
  2. Xoxo, pokoknya daftar menu tanpa menyertakan list harganya itu patut diwaspadai. >_<

    BalasHapus
  3. Haaaa, buanyak banget rentetan kisahnya deeeek... Tiap tempat yang didatengin ada2 aja ujiannya yaaaa..... Yang sabar, selalu ada ganti yang jauh lebih baik dari Allah Yang Maha Kaya, in syaa Allaah...

    BalasHapus
  4. Aamiin, tau nih lagi mujur banget hari itu. :D

    BalasHapus

Respon koment akan disesuaikan dengan isi koment. No SPAM, RASIS, HUJATAN, dsj. Merci.... :)

© Born to be "Antagonis" 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis