Senin, 24 Juni 2013

Pembeli Adalah (BUKAN) Raja!

Penjual itu bukan orang yang bisa dianggap budak bagi beberapa oknum pembeli yang merasa sok raja. Pembeli sopan, penjual pun sopan. Tidak ada istilah siapa butuh siapa, karena msing-masing saling menguntungkan. Penjual tidak menerima uang dari pembeli secara cuma-cuma, tapi barter dengan barang/jasa yang dibutuhkan pembeli. (Lihat: Siapa Butuh Siapa?)
Jadi jika ada yang berkata, "PEMBELI ADALAH RAJA!" pada saya dengan etika nol besar, saya pasti akan sangat marah. *Seandainya dia berkata begitu di depan saya langsung, saya tidak berani menjamin kalo saya bisa menahan diri untuk tidak menamparnya*

Kalo yang sudah paham saya dan cukup familiar sama beberapa pernyataan di tulisan-tulisan saya tentang ini, pastinya paham betul kalo saya bukan penganut istilah yang entah siapa pencetusnya tersebut.
Bagi saya, antara pembeli dan penjual itu sejajar, sama-sama saling membutuhkan. Tidak ada yang sok bertindak sebagai raja atau tunduk sebagai budak. Selama dia sopan dan menghargai, maka saya akan berlaku sama.

Dan saya merasa kalo saya bukan orang yang pelit-pelit banget atau bahkan sampe lepas dari tanggungjawab, saya rela ganti rugi (memberi bonus) bahkan untuk kesalahan-kesalahan yang bukan dilakukan oleh pihak saya (tapi percetakan). (Lihat: Curcol Apes Gegara Kelewat Royal) Tapi tolong, setidaknya pembeli juga bisa sopan, ya. Karena sekali lagi, kita ini (termasuk sebagai makhluk sosial) sama-sama saling membutuhkan. Jangan merasa ingin tinggi dengan menginjak orang lain.

Ada seorang pembeli paling ajaib yang pernah saya temui di hampir dua tahun masa pengalaman saya sebagai penjual online. Orangnya naudzubillah ngeyel, nyolot, gak sopan, sok raja, dan *sorry* menurut
saya cukup idiot karena sudah saya jelaskan puluhan kali masih saja gak paham, dan terus-terusan menyalahkan dan menganggap saya lepas tanggung jawab dari sesuatu yang jelas-jelas bukan kesalahan saya.

Berikut isi "curhatan" saya pada penulis buku tentang ulah ajaib salah satu pembeli bukunya tersebut:

Aduh, ada yang bikin kesal nih, Mbak. Orangnya malah nyalah2in saya, marah2 gak jelas. Sumpah deh kesel banget dibaikin malah kayak gitu.

Jadi gini, nama orangnya Dina H, dia itu pertama PO buku KLH & MDP, saya list di nomor 9. Beberapa hari/minggu kemudian dia PO lagi KLH2, biasanya kalo pas mau PO itu bilang kalo sebelumnya sudah transfer jadi ongkir saya hitungkan gabung sama PO pertama. Tapi pas infokan kalo udah transfer, dia gak bilang kalo sebelumnya sudah PO (dan saya pun gak ingat lah karena yang PO itu banyak), jadinya saya list di nomor yang berbeda.

Pas dikirim, saya kirimnya dalam 2 paket yang berbeda (ya karena itu tadi, saya gak tau kalo sebelumnya dia sudah PO). Paket 1 berisi buku KLH, MDP, bonus. Paket 2 berisi KLH2 dan bonus + free ongkir kan jadinya karena ketidaktauan saya itu kalo dia sebelumnya sudah PO.

Mbak juga tau sendiri, seperti yang sudah saya infokan, kalo sms2 resi banyak yang laporannya gagal/tunda, jadi yang belum dapet harap sms minta resi. Dan orang itu yang pas transfer kedua gak bilang kalo sebelumnya sudah PO, mungkin kiranya buku dikirim dalam 1 paket, jadi dia diem aja pas sms resi yang masuk cuma 1.

Dia sms saya katanya yang baru nyampe KLH2 aja, saya bilang bukannya resi sudah saya kirimkan semua (karena setelah resi dikirim2, gak saya save lagi resi2nya), karena kalo resi sudah dikirimkan berarti tanggungjawab bukan di saya lagi, tapi ada sama ekspedisi dan pembeli. Saya udah slow minta dia kabari saya kalo dalam sore ini paket belum nyampe juga, soalnya saya yakin sms resi pertama saya pasti gagal terkirim dan jadinya susah dilacak.

Setelah dia bilang barusan kalo bukunya belum nyampe, saya bilang kemungkinan rumah dalam keadaan kosong atau apalah pas petugas datang, tapi dia bilang dia selalu di rumah. Padahal sebelumnya juga ada pembeli lain yang tanya paketnya gak nyampe juga, saya suruh cek di web-nya katanya info di web kalo paket dia pengiriman ulang, yang itu artinya pas petugas datang gak ada yang terima di rumah, walopun orangnya juga bilang kalo dia selalu di rumah, kejadian kayak gitu selalu ada, tapi untuk yang ini saya minta dia hubungi CS wahananya karena dia pegang nomor resi.

Ini sih cuma karena saya gak enak dan kasian aja ya Mbak sama pembeli di atas (Dian), walopun saya bisa lepas tangan karena setelah barang dikirim jadi bukan tanggungjawab saya lagi, melainkan tanggungjawab ekspedisi dan pembeli kalo buku gak nyampe karena rumah kosong, dll. Tapi saya tetep kasih GRATIS LAGI kiriman KLH + MDP dari saya, tapi tunggu sampe bukunya selesai cetak, karena yang ready cuma KLH. Itu bukan sebagai ganti rugi, tapi cuma hibah daripada ribet dan ribut dari saya. Eh, orangnya malah "beubeulieun" kalo kata orang Sunda mah, dikasih hati minta jantung. Dia maunya yang KLH itu dikirim dulu, dan nanti yang MDP dikirim nyusul pas selesai cetak. Ya menurut saya kok kesannya songong banget, ya. Kalo kirim 2 kali gitu kan ongkirnya jadi 2 (udah mah saya gratiskan), dan sebelumnya juga yang paket kedua itu dikirim free ongkir juga + BONUS buku Harfeey di masing2 paket juga (totalnya dia berarti dapet 2 buku bonus di luar bonus ongkir dan bonus terakhir ini yang saya tawarkan yaitu 2 buku + bonus ongkir lagi).

Saya bilang gak bisa kalo kirimnya dipisah, harus bareng karena biar hemat ongkir kan. Tapi dia malah nyalah2in saya, kesannya saya ini lepas tanggungjawab. Dia makin nyolot, sms pake2 tanda seru. Bilang kalo pembeli adalah raja! Haduh, kalo sering baca2 tulisan di buku saya, dalam istilah saya gak ada pembeli adalah raja itu, penjual dan pembeli sama2 saling butuh dan harusnya saling menghormati. Sebagai orang biasa ya jelas saya tersulut emosi. Dia umbar2kan yang menurutnya tuntutan akan hak-nya yang merasa dirugikan, lah kalo mau perhitungan sih sama dia atau siapa pun yang order lainnya, saya juga sama aja "rugi". Apalagi sama dia yang paketnya dikirim dalam 2 kiriman dngan 1 free ongkir, 2 buku bonus yang ada di masing2 paket, dan terakhir ini saya kasih bonus KLH + MDP GRATIS cuma karena saya males urusan. Mbak juga pasti paham saya, kemaren aja saya kasih bonus masing-masing 1 buku ke hampir 100 orang yang order buku2 Mbak karena saya ngerasa nggak enak dan males urusan panjang, padahal Mbak juga tau sendiri itu kesalahan dari percetakan dan bukan dari saya, tapi saya rela tanggung kerugian sendiri asal urusan gak panjang.

Serius deh, baru sekarang ada pembeli yang udah segitunya dibaikin tapi malah gak sopan banget. saya muak dan enek sama pembeli seperti itu, saya juga gak rugi kalo mem-banned-nya. Silakan ditelaah bagaimana ribet dan gak sopannya orang itu. Hufff, astaghfirullah.Udah rela rugi dan ambil untung kecil, tapi malah dibeginikan itu rasanya nyesek banget.

Karena muak, akhirnya saya blokir nomor HP pembeli itu karena kata-kata di sms-nya sangat amat songong. Merasa paling dirugikan, paling keluar duit banyak. *Astaghfirullah* Penulis bukunya dan bahkan orang yang baca penjelasan sebenarnya dari saya ini pasti paham duduk permasalahannya. Dia yang salah tidak infokan kalo sebelumnya sudah PO, hingga akhirnya saya "rugi" dengan kirim paket dalam 2 bungkus yang berbeda, sehingga saya tanggung ongkir dan kirim buku bonusnya malah 2. Saya pun baru sadar kalo nama dia ada di 2 list itu setelah saya cek ulang pas dia komplain kalo paket satunya belum datang. Kesalahan kedua dia, dia tidak ada di rumah atau tidur atau tidak mendengar pas petugas datang, sampe kemungkinan paket dibawa balik lagi. *Info, walaupun di paket sudah disertakan nomor HP, tapi petugas tidak pernah menghubungi nomor tersebut saat ada trouble. Saya sendiri masih bingung apa gunanya menyertakan nomor HP!* Mungkin satu-satunya "kesalahan" *dalam tanda kutip* saya adalah karena sms yang berisi nomor resi pertama tidak terkirim/ laporan terkirimnya gagal pada nomor HP pembeli tersebut. Dan karena merasa tidak enak hati dan malas urusan panjang itulah, akhirnya saya tawarkan untuk memberi hibah gratis *lagi*.

Tapi... astaghfirullah, bukannya bilang terima kasih karena saya mau ganti kerugian dia yang bukan karena kesalahan saya, pembeli abal-abal itu malah mengata-ngatai saya. Sebagai orang biasa jelas saya tersulut emosi. Dia mengatur-ngatur saya seperti budak! Bahkan dengan lancangnya juga dia bilang bahwa sebagai pembeli dia adalah raja! Padahal kalo dia sopan, saya pun pasti bisa lebih menghargai dia. Tapi setelah mendapat perlakuan minus maksimal darinya itu, jujur saya jadi malas memprioritaskan orang yang terus-terusan bilang kalo saya gak bertanggungjawab dan menuduh saya seolah lepas tangan *padahal bisa dilihat sendiri, pelayanan saya kurang maksimal bagaimana lagi!*

Karena orang itu terus-terusan mengungkit-ungkit tentang "kerugiannya", terus-terusan menuntut hak-nya dengan malah "meneriaki" saya GAK BERES! seolah saya ini adalah penipu yang lari dari tanggungjawab. Saya yang sebenarnya setiap memberi selalu berusaha ikhlas dan tidak mau mengungkit-ungkit, jadi kembali tersulut emosi! Saya jabarkan semua "kerugian" saya kalo memang dia mengajak untuk perhitungan! Lo jual, gue beli! Bukannya sadar dan minta maaf, dia malah makin gak tau diri. Dia bilang kalo dia gak pernah minta bonus! Bukan urusan dia kalo saya kasih bonus gratis segitu banyaknya sekalipun! Dan bahkan untuk 2 buku pengganti ini dia gak mengucapkan sekalipun kata terimakasih! Dia juga bilang, kalo saya gak mau RUGI harusnya saya datang ke kantor wahana untuk tanyakan paket itu. Sekali lagi kebodohannya tergambar, mana mau mereka melayani komplain yang gak ada buktinya! *karena no resi sudah tidak saya simpan, sementara sms no resi saya ke orang itu pun kemungkinan gak nyampe* Lalu dia malah makin menganggap saya budak, dengan menyuruh saya mengirim 1 buku yang ready dulu, untuk kemudian buku 1-nya saya kirim kalo sudah selesai cetak ulang. Jujur, semula saya menolak memang karena selain merasa orang itu kok malah ngelunjak dan gak tau terimakasih, juga karena saya mempertimbangkan ongkir. Kalo dikirim 2 kali, tentu aja ongkirnya juga 2, dan itu saya semua yang tanggung! Tapi setelah dia kian nyolot dan songong dengan berkata "Emang ongkir berapa sih! Paling gak nyampe 20ribu!" dan seolah menyiratkan kalo dia sudi membayar ongkirnya, SAYA TOLAK MENTAH-MENTAH! Sebagaimananya pun saya butuh uang, tapi saya masih lebih menjunjung HARGA DIRI! Saya katakan, sekalipun dia memberikan ongkir 1 juta agar saya mau mengirimkan 1 buku yang ready dulu, SAYA TIDAK AKAN SUDI. Kalo mau, dia harus menunggu sampai semua cetakan ulang selesai, baru akan saya kirimkan dengan TANPA DIA KELUAR UANG SEPESERPUN! Biar tau rasa dan tau diri untuk lebih bisa menghargai orang lain!!! 

Gara-gara menghadapi orang yang ngeyel dan sok paling dirugikan ini *juga berbagai predikat minus lainnya*, saya yang semula sangat kelaparan karena memang belum makan apa-apa sejak pagi, tiba-tiba saja jadi tidak selera makan saking kesalnya! Teman saya juga menyarankan untuk saya tidak meladeni atau bahkan memberi bonus lagi pada oknum pembeli songong itu, tapi saya bukan typikal orang yang mau menjilat ludah saya sendiri *di samping karena saya juga menghargai penulis bukunya*, tidak peduli orang itu akan mendapatkan hidayah dan akhirnya sudi meminta maaf pada saya ataupun tidak, saya akan tetap memberikan buku hibah itu sesuai dengan statement awal saya. BIAR ALLAH YANG MEMPERHITUNGKAN BALASAN SETIMPALNYA.

Cuma bisa mengurut dada, meski kejadian tentang pembeli songong itu bukan sekali ini, tapi baru kali ini yang benar-benar ajaib! Yang lain kalo sudah saya beri penjelasan, mereka bisa paham dan kemudian diam! Bahkan sebagai ucapan maaf untuk kesalahan yang bukan berasal dari saya, saya memberikan bonus gratis, mereka juga mau berterimakasih, bukannya malah nyolot dan kian songong! Duh Gusti, ini orang cuma order 3 biji yang kalo dihitung-hitung lagi malah tidak memberi keuntungan apa pun pada saya *karena saya kasih 4 buku gratis dan 2 kali ongkir gratis*, kok bisa tega-teganya bersikap kayak gitu. Sementara banyak sekali pembeli-pembeli saya yang lainnya, yang order puluhan bahkan hingga ratusan buku dalam sekali order, bisa sangat penuh dengan pemakluman, bahkan mayoritsa dari mereka menolak saat saya kasih bonus kalo ada trouble tentang kualitas cetak.

Allah, semoga setelah ini saya tidak lagi berurusan dengan orang-orang berhati batu semacam oknum pembeli itu. TREAT ME WELL, I WILL PAY MORE! 

2 Tanggapan:

  1. Astaghfirullah, 4 buku gratis??? Astaghfirullah, ckckc.. Semoga dapat hidayah, aamiin

    BalasHapus
  2. Aamiin.... Masih nyesek aja kalo inget sms2-nya yang penuh sabetan tanda pentung. T___T

    BalasHapus

Respon koment akan disesuaikan dengan isi koment. No SPAM, RASIS, HUJATAN, dsj. Merci.... :)

© Born to be "Antagonis" 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis