Jumat, 15 November 2013

Cara Mudah Mengajukan Permohonan ISBN

Hallo, saya mau sharing tentang pengalaman saya bersama Penerbit Harfeey dalam mengajukan permohonan ISBN ke Perpustakaan Nasional. Oh, ya, sebelumnya saya mau kasih tau dulu, untuk bisa mengajukan permohonan ISBN ini, perusahaan atau lembaga tersebut harus sudah berbadan hukum dulu, karena salah satu syarat pendaftaran menjadi anggotanya adalah dengan melampirkan scan akta notaris. Berhubung Harfeey ini penerbit indie, jadi badan hukumnya cuma berupa CV, bukan PT seperti penerbit major. Kalo mau tau gimana caranya membuat akta notaris perusahaan, teman-teman bisa lihat pengalaman saya di sini. Sementara untuk syarat dan ketentuan agar bisa terdaftar sebagai anggota KDT-nya sendiri, silakan teman-teman bisa lihat di sini. Walaupun sebenernya emang sih buat penerbit indie yang namanya ISBN itu gak penting-penting amat, alasannya bisa dilihat di sini.
print-my-own-book.com

Setelah kelengkapan untuk menjadi anggota sudah terkirim dan sudah di-acc oleh pihak Perpustnas bagian Pelayanan ISBN, selanjutnya saya bisa mengirimkan permohonan dengan lancar setiap bulannya. Well, memang sekarang mengajukan ISBN itu gratis dalam tanda kutip, kalo sebelumnya kan harus bayar--yang entah uangnya masuk ke mana dan ke siapa--Rp25.000,-/perjudul. Cukup berat juga, sih, buat saya yang tiap bulannya kadang bisa menerbitkan sampai hampir 20 judul. Tapi alhamdulillah sekarang gratis dalam tanda kutip, sebagai gantinya harus mengirimkan 2 eksemplar buku ke sana setelah terbit. Haha, jadi gak bener-bener "gratis"!

Waktu awal-awal mengajukan ISBN, saya selalu menggunakan media faksimile. Karena entah pernah mendengar dari mana, kalo katanya pegawainya gak mau melayani permohonan ISBN yang dikirim via email. Padahal jujur aja, nge-faks dari Jogja ke Jakarta itu cukup muahaaal perlembarnya. Apalagi seperti yang saya bilang sebelumnya, Harfeey kadang tiap bulannya bisa nerbitin belasan judul. Dan satu judul aja minimal harus nge-fax-in judul, balik judul, kata pengantar, sama daftar isi. Untuk dana faks ke ISBN, saya bisa sampe ngeluarin uang antara 70ribu sampai hampir 200ribu rupiah. T_T Tapi emang sih pelayanannya kalo via faks mah relatif cepat, paling cuma 2 jam-an responnya sudah datang--dan harus ditebus dari rental, haha.

Baru pas bulan Oktober kemarin, saya dapet info dari petugasnya kalo permohonan ISBN gak cuma bisa lewat faks aja, tapi bisa via email ataupun pos. Semua berawal waktu saya mau mengajukan permohonan ISBN untuk buku-buku Harfeey yang terbit bulan Oktober, entah kenapa faks-nya tertolak terus. Karena geram, saya nekat nelepon kantor ISBN-nya. Apes, yang ngangkat bapak-bapak galau yang superjutek, huahaha. Dia teriak marah-marah pas saya nanya kenapa mau kirim faks malah gak bisa mulu, tapi ya walaupun sambil marah-marah gak jelas akhirnya saya tau kalo ISBN juga bisa diajukan via email--dan pos.

Untuk alasan keekonomisan, akhirnya saya lebih memilih mengirimkan permohonan ISBN via email ke isbn@pnri.go.id. Tapi alamaaak... luamuanyaaa.... Saya sampe kesel sendiri, berulang kali saya tanyakan bagaimana kelanjutan permohonan ISBN dari saya, tapi gak ada respon. Saya galau karena waktu itu saya lagi dikejar deadline buat buru-buru nyetak buku-buku itu, yang proses cetaknya terhambat gara-gara nunggu hasil ISBN keluar. hampir 2 minggu saya nunggu, dan hampir habis juga kesabaran saya sementara temen-temen yang udah PO bukunya nanya-nanya mulu kapan buku dikirimnya. Waktu saya mau ngirim ulang via faks, iseng saya cek email dulu dan akhirnya setelah sekian lama ada respon juga. Tampilannya sama persis seperti respon via faks, cuma ini dalam bentuk PDF. Oh, ya, saya juga dikasih tau kalo peraturan baru dari mereka katanya untuk sekarang dalam sekali pengajuan hanya diperbolehkan mengajukan maksimal 10 judul, dan saya yang biasanya nerbitin lebih dari 10 judul, jadi harus mengajukan dalam 2 email yang berbeda. Haha. -_-

Pas November minggu kemarin, sebenernya saya agak trauma juga mengajukan permohonan ISBN lewat email, ya masih gak terima aja sama durasinya yang amit-amit lama. Tapi setelah mempertimbangkan dari segi materi, akhirnya saya nyerah juga. Kan lumayan itu duit ratusan ribu bisa buat makan seminggu lebih. :D Buat antisipasi, saya kirimnya jauh-jauh hari sebelum jadwal cetak, dan ternyata... saya kirim Jumat, dapet responnya Senin pagi. Lumayan cepet karena Sabtu-Minggu kantornya memang libur. Alhamdulillah. :)

Dan sekarang, barusan tadi jam 14.28 saya iseng-iseng kirim permohonan ISBN buat 3 judul buku solo kiriman teman-teman ke Harfeey yang dijadwalkan terbit bulan depan, dan ternyata langsung dapet respon hasil ISBN-nya jam 14.56 WIB. Berarti kurang dari 30 menit. Haha. Emang aneh, entah mungkin tergantung antrian atau mood petugas buat responnya. :P

Alhamdulillah, deh... sekarang gak perlu keluarin uang ratusan ribu dan waktu yang lama untuk mendapatkan nomor ISBN (tanpa barcode). Nah, uuntuk cara membuat barcode-nya sendiri nanti saya share di postingan lain. Seperti biasa, cara-cara yang saya kasih itu gak pernah ribet dan super duper gampang. Ya ya, sesuai typikal orang introvert yang gak suka bertele-tele gitu lah. :D

Sekian, semoga bermanfaat. Diperbolehkan untuk menyebarluaskan, tapi tetap mencantumkan sumbernya yaitu tulisan di blog ini. Sekadar penegasan, ini sih pengalaman pribadi saya, ya. Mungkin yang lain pernah punya pengalaman yang jauh berbeda. :)

1 Tanggapan:

  1. saya staf pengajar dan telah banyak membuat buku bahan ajar, bisakah buku-buku tersebut didaftarkan ber-ISBN

    BalasHapus

Respon koment akan disesuaikan dengan isi koment. No SPAM, RASIS, HUJATAN, dsj. Merci.... :)

© Born to be "Antagonis" 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis